pengantar teknik informatika

istilah komputer dan sejarahnya
pengertian ilmu komputer menurut saya memang sangat luas dan berbeda beda pendapat di setiap penjelasan nya. istilah komputer sendiri berasall dari bahasa latin yaitu computaro yang berarti menghitung.

istilah komputer menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.


menurut , Sanders komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.


setelah mengetahui apa itu tentang komputer disini saya akan menceritakan perkembangan komputer mulai dari generasi pertama sampai komputer di era sekarang. di zaman dahulu terdapat macam macam alat yang di gunakan untuk mekanisme menghitung yaitu secara manual , mekanik dan elektronik. 

salah satu contoh alat manual di era zaman dahulu yaitu dengan menggunakan sempoa . dan salah satu conto lagi tentang teknologi mekanik di zaman dahulu dengan menggunakan pascaline alat ini digunakan untuk penjumlahan mekanis pertama yang di buat dengan 50 gear. dan salah contoh untuk teknologi elektronik di zaman dahulu dengan analytical enggine alat ini merupakan inspirasi utama dari pencetus komputer. analytical enggine ini sangat berguna untuk menghitung perhitungan matematika terutama dalam perhitungan matematika kalkulus. dan mesin ini dapet membuat tabel matematika.
di sini awalmula dari komputer di generasi pertama komputer generasi pertama di buat dengan menggunakan tabung hampa udara untuk penguat sinyal. nama nya VACUM-TUBE . komputer prtama kali di buat dengan menggunakan vacum tube ini. komputer yang menggunakan vacum tube ini bernama komputer ENIAC. komputer ini mempunyai berat 30 ton. mempunyai panjang 30 metter dan tinggi 2,4 meter dan membutuhkan daya 150 kilo watt.
dan di generasi kedua komputer di buat dengan sedikit lebih minimalis dengan menggunakan transistor. setelah menggunakan transistor di rancang lebih efisien mungkin dengan menggunakan  ic chip . ic chip ini berisi dengan ribuan transistor sehingga komputer di generasi yang ke 3 ini lebih efisien dan lebih minimalis. 
pada tahun 1996 komputer yang menggunakan IC pertama kali ialah IBM s-360. 

dan di generasi ke 4 komputer di buat lebih minimalis mungkin dengan di temukan nya microprocessor yang di dalamnya terdapat ribuan IC di sinilah komputer sudah mulai berbentuk yang sangat bagus . lalu berkembang berkembang sampai di era sekaranng mucul komputer komputer yang di rancang untuk kebutuhan manusia untuk lebih praktis untuk penggunaan manusia . muncul lah laptop, i pad dll .

di postingan kali ini saya hanya sedikit menjelaskan istilah komputer dan sejarah komputer .

saya mohon maaf bila ada kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan kata. 
smoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat dan bisa berguna bagi anda.

TRIMAH KASIHH...  :D :D



















ini adalah cont0oh dari gambar komputer ENIAC generasi pertama



















ini adalah komputer generasi ke fua dengan menggunakan transistor

















ini adalah komputer di generasi ke tiga yang di buat dengan IC chip yang berisi ribuan transistor di dalamnya

Add caption





















dan ini adalah rangkaian rangkaian mother board di komputer zaman sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © pengantar teknik informatika Urang-kurai